Kamis, 06 Mei 2010

Marematika Aneh ???

Ternyata kita (kita ?, ane kali lo’ sih kagak!!) harus lebih hati-hati dalam matematika.
• Ini tentang penyederhanaan pecahan, kelihatannya sih sepele. Coba deh perhatiin kenyataan ini :
Betulkan x6/2 = x3 ?
ternyata kalo kita masukin bilangan negatif, jadinya kacau beliau.
misal x = -1
(-1)6/2 = (-1)3 ?
1 = -1
nah lho…..???!!
• Ini berkaitan dengan aturan yang dipelajari di SMA
(xa)b = xa.b
Contoh aneh?:
-3 = -31
-3 = -3 2 x ½
-3 = (-32) 1/2
-3 = (9) ½
-3 = 3
wih…kayaknya ane harus lebih hati-hati.

6 komentar:

  1. Wah koq bisa gitu yack........
    Tapi saya pikir benar juga, ternyata matematika memang aneh.......

    BalasHapus
  2. yang aneh dimana pak?
    contoh ke 1 kan begini
    (-1).6/2 = (-1).3
    -1 = -1 kan?

    contoh ke 2 kan begini
    -3 = -3.1
    -3 = (-3.2) X 1/2
    -3 = (-6) . 1/2...bapak kok nulis (9) itu drmna?
    -3 = -3

    coba pak dilihat lagi!!!!!

    BalasHapus
  3. hmhm, saya senang bisa berkunjung ke sini... sesama math lovers :-)
    Oh ya Pak, kita tukeran link ya, rumah dunia maya saya http://rasyid14.wordpress.com/
    silakan berkunjung ya Pak ;-)
    terima kasih
    salam blog

    BalasHapus
  4. persamaan yg ditulis yg aneh, bukan matematikanya
    penulisan yg salah, makanya hailnya salah

    BalasHapus
  5. judul artikelnya yg salah...

    BalasHapus